Kategori
Info Bisnis

CERITA DONAT ISTANA MENJADI SALAH SATU UMKM TERBAIK DI KABUPATEN SIAK

cerita-donat-istana-menjadi-salah-satu-umkm-terbaik-di-kabupaten-siak

RIAU, SIAKU.id – Rabu (8/2/2023) tim dari Siaku melakukan kunjungan dan silaturahmi ke salah satu UMKM yang terdapat di aplikasi Siaku. UMKM yang dimaksud yaitu Donat Istana yang terletak di Jl. Raja Kecik, Siak. Donat Istana sudah bergabung dengan Siaku sejak satu tahun yang lalu. 

Donat Istana sudah berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Satu tahun pertama lokasi Donat Istana berada di Jl. Sutomo, Siak. Kemudian berpindah ke lokasi yang sekarang di Jl. Raja Kecik, Siak. Hal ini dituturkan langsung oleh pemilik atau owner dari Donat Istana yaitu Ririn Nurmayasni.

“Sebenarnya toko kami sudah ada sejak 3 tahun yang lalu. Tapi disini (toko Jl. Raja Kecik) baru dua tahun dan yang satu tahun kami buka di Jl. Sutomo.”

Ririn mengaku di tempat yang baru penjualan lebih meningkat sehingga mampu mendapatkan omset yang lumayan. Namun dua bulan terakhir penjualan sedikit menurun. Analisis Ririn hal ini dikarenakan tahun baru sehingga banyak konsumen yang pergi berlibur ataupun balek kampong.

“Alhamdulillah, di toko yang sekarang penjualan lebih baik dan bsia mendapatkan omset yang lebih banyak. Tetapi dua bulan terakhir penjualan agak menurun ya. Mungkin diakrenakan tahun baru dan libur sekolah jadi banyak konsumen yang pergi berlibur atau balek ke kampong halaman. Sehingga penjualannya tidak berjalan baik seperti biasanya.

Donat Istana termasuk salah satu UMKM yang sudah cukup terkenal dan memiliki peminat yang cukup banyak. Oleh sebab itu ririn tidak mampu lagi mengelolanya sendiri. Beliau menjelaskan bahwa Donat Istana memiliki total 10 orang karyawan. Dari 10 orang ini 3 orang dibagian kasir dan pelayanan, kemudian 7 orang bagian dapur. Ririn juga mengaku untuk pembeli yang memesan online atau tidak datang ke toko akan dibantu pengirimannya menggunakan kurir-kurir yang ada di sekitar Siak.

“Toko kami memiliki total 10 karyawan. 3 orang di bagian kasir dan pelayanan sedangkan 7 orang di bagian dapur. Dan untuk pembeli bukan hanya yang datang ke toko, kami juga melayani pembeli yang jauh dengan mengirimkannya melalui kurir. Sementara ini tidak dapat mengirim dengan estimasi lebih dari 3 hari karena donat yang di jual tidak menggunakan pengawet, sehingga hanya melayani pengiriman terdekat saja.”

Berdasarkan perbincangan yang telah dilakukan, akhirnya tim Siaku mengajak pemilik UMKM Donat Istana untuk memasukkan produk-produknya ke toko daring Siaku untuk mengantisipasi permasalahan penurunan omset yang dikarenakan libur ataupun konsumen yang balek kampong. Hal ini dikarenakan Siaku tidak hanya menjangkau masyarakat umum namun juga Pemda ataupun dinas-dinas di sekitaran Kabupaten Siak. Dimana saat libur ataupun jam kerja, Pemda ataupun dinas-dinas setempat tetap melaksanakan berbagai program kerja yang membutuhkan konsumsi. Sehingga dengan adanya produk Donat Istana di toko daring Siaku akan menjadi salah satu pilihan mereka untuk menjadi jajanan snack box ataupun yang lainnya.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan semakin banyak lagi user-user yang aktif dan menggunakan apliaksi Siaku sehingga mampu menjangkau pembeli bukan hanya pada masyarakat umum namun juga pemerintah daerah.

 

Dapatkan beragam berita up to date dan breaking news serta 100% produk UMKM yang beragam setiap hari dari SIAKU.id dengan mengunjungi platform SIAKU.id melalui link https://www.siaku.id/home/ atau download aplikasi SIAKU.id di play store secara gratis.